EMPAT GAYA PERILAKU (TIPOLOGI MANUSIA)

Posted on Juni 12, 2009. Filed under: Sekedar Wawasan |

Dalam proses bisnis, hal yang paling penting yang tidak kita sadari adalah bagaimana kita mengenal
customer dengan baik, sebagai perusahaan yang bergerak pada bidang distributor, peranan
customer sangatlah penting sekalli, baik customer internal maupun ekternal. Agar kita dapat
berkomunikasi dan mempengaruhi customer baik internal maupun ekternal, alangkah baiknya kita
mengenal siapa customer kita. Dengan tujuan apa yang kita inginkan dapat berjala n dengan efektif
dan efesien.
Berikut adalah gaya perilaku manusia berdasarkan tipologi dibawah ini:
SINGA
Tipe orientasi tugas
Tipe langkah cepat
Yang dicari kekuasaan dan pengendalian
Cara membuat keputusan: Pasti
Untuk menghadapi customer yang memiliki type singa, maka kiat berkomunikasi harus :
Percepatlah, bertindak langsung pada tujuan
Masuk langsung ke bisnis /topik pembahasan
Tunjukkan bagaimana cara mencapai sasaran mereka
Perlakuan dengan keyakinan dan efisien
LUMBA – LUMBA
Tipe orientasi manusia
Tipe langkah cepat
Yang dicari popularitas dan prestise
Cara membuat keputusan: Spontan
Untuk menghadapi customer yang memiliki type Lumba -lumba, maka kiat berkomunikasi harus :
Percepatlah , bertindak langsung pada tujuan, perlihatkan energy dan gairah anda
Kenali mereka
Menyukai apa yang tampak menarik
Perlakukan secara naluriah,
Menyenangkan dan penuh semangat
KOALA
Tipe orientasi manusia
Tipe langkah lambat
Yang dicari ketulusan dan penghargaan
Cara membuat keputusan: Dengan Musyawarah
Untuk menghadapi customer yang memiliki type Koala, maka kiat berkomunikasi harus :
Perlambat
Kenali mereka, ciptakan suasana yang harmoni dengan perasaan, dan kepekaan
Mereka mau orang lain ikut terlibat ( empati )
Perlakukan dengan hangat dan tulus
KANCIL
Tipe orientasi tugas
Tipe langkah lambat
Yang dicari keakuratan dan presisi
Cara membuat keputusan: Dengan Pertimbangan
Untuk menghadapi customer yang memiliki type kancil, maka kiat berkomunikasi harus :
Perlambat
Masuk langsung ke inti permasalahan yang sedang akan dibahas
Bersikap cara mencapai sasaran metodis
Perlakukan dengan teliti
Setelah mengetahui tipe – tipe customer diatas , maka berusahalah dengan sebaik-baiknya
mengenal customer kita, layani mereka sesuai dengan tipologinya.

Make a Comment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

%d blogger menyukai ini: